Corporate Social Responsibility Program By

PT . TOTAL QUALITY INDONESIA

arca mahanandhi

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Edukasi Budaya melalui Arca Maha Nandi

Selain berkontribusi di dunia bisnis, TOTAL QUALITY INDONESIA juga turut berkontribusi di bidang kebudayaan.

Setelah turut serta bekerjasama dengan UNESCO dalam program konservasi keris Indonesia, yang berujung kepada pengakuan UNESCO sebagai keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia. Maka kini, TOTAL QUALITY INDONESIA juga terlibat dalam usaha konservasi budaya asli Indonesia.


Adalah Johan Yan (Komisaris TOTAL QUALITY INDONESIA) yang memprakarsai program ini. Ketika salah satu koleksinya, Arca Emas Nandi (The Highly Important Bronze Gold Figure of Nandi with Relic, Central Java-Indonesia) ditaksir oleh Rumah Lelang International, Christies International seharga 4-6 juta USD


Johan Yan bersama TOTAL QUALITY INDONESIA-pun mencanangkan sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) usaha konservasi benda-benda cagar budaya Indonesia.

Dalam program ini, Arca Maha Nandi didapuk sebagai maskot dari program ini. Sebuah arca lembu tunggangan dari Dewa Siwa (yang dalam tradisi Jawa disebut Batara Guru), yang unik dan langka. Selain itu Nandi tergolong arca unik karena didalamnya terdapat Relic Emas Purba yang sangat jarang ditemui di Indonesia, sehingga oleh Bp. Junus Satrio Atmodjo, Direktur Peninggalan Purbakala, Direktorat Peninggalan Purbakala, Direktorat Jenderal Sejarah & Purbakala, Departemen Kebudayaan & Pariwisata Republik Indonesia, secara khusus menyatakan Nandi disebut sebagai "Masterpiece Indonesia"

 

Bekerjasama dengan Museum Nasional Indonesia dan Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia, TOTAL QUALITY INDONESIA akan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Arkeologi 2011 di Surabaya. Sebuah gawe besar yang akan diadakan 1-3 November 2011 ini akan diselenggarakan di Hotel Sheraton Surabaya. Pada pertemuan akbar ini, diperkirakan akan hadir 600 Arkeolog dari seluruh Indonesia akan membahas Nandi sebagai Topik Utama. Nandi sudah disahkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB no reg: 79/SBY/2001) oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Timur.

Selain pertemuan ilmiah terbatas tersebut, TOTAL QUALITY INDONESIA bersama dengan Manajemen Pakuwon Group akan menyelenggarakan Expo “Arkeologi untuk Publik” yang akan digelar besar-besaran di Atrium Tunjungan Plaza 1 dari tanggal 1-6 November 2011. Sebuah expo akbar yang tidak hanya akan menarik perhatian pemerhati benda cagar budaya, namun juga akan menarik perhatian kalangan akademisi untuk mengenal lebih jauh tentang arkeologi dan seluk beluk di dalamnya.

Beberapa pejabat yang dipastikan hadir dan turut berbicara dalam acara ini adalah Mari Elka Pangestu (Menteri Perdagangan Republik Indonesia), dan juga Jero Wacik (Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia), serta Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang akan sekaligus membuka gelaran Seminar dan Expo ini. “Acara ini akan menarik perhatian seluruh masyarakat Indonesia, dan masyarakat Surabaya khususnya, sehingga Goal acara ini bisa tercapai: mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memelihara budaya, sebagai khasanah kekayaan bangsa,” ujar Johan Yan, Komisaris TOTAL QUALITY INDONESIA.

Dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) ini, TOTAL QUALITY INDONESIA juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk turut serta dalam kampanye konservasi budaya, beberapa diantaranya adalah Suara Surabaya Media yang akan turut bergabung sebagai media partner dari program ini. Hal ini diamini juga oleh Errol Jonathans, Direktur Operasional Suara Surabaya Media.

Diharapkan dari program ini, akan timbul kesadaran dari masyarakat untuk menghargai budaya asli Indonesia, sebagai warisan tak ternilai sepanjang masa.