Corporate Social Responsibility Program By

PT . TOTAL QUALITY INDONESIA

arca mahanandhi

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Heboh Pameran Tunggal Arca Maha Nandi

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Pameran Tunggal Arca Maha Nandi “The Highly Important Bronze Gold Figure of Nandi with Relic”, yang rencana akan diselenggarakan di Kota Pahlawan, Surabaya, akhirnya berhasil diselenggarakan di Grand Ballroom Sheraton Hotel Surabaya, 1-2 November 2011 lalu.
Program ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) TOTAL QUALITY dalam upaya konservasi benda cagar budaya Indonesia, dan Arca Maha Nandi ini didapuk sebagai mascot dari program CSR TOTAL QUALITY, yang menandai sebuah upaya kepedulian akan warisan budaya yang tak ternilai harganya.


Pameran tunggal Arca MAHA NANDI ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Bp. HR. AgungLaksono, Menko Kesra RI dan juga Bpk. Soekarwo, Gubernur Jatim, beserta sekitar 500 Arkeolog Senior dari seluruh Indonesia. Pameran Tunggal Arca MAHA NANDI ini, tidak hanya dikunjungi dari kalangan pemerhati arkeologi saja, namun juga pebisnis, masyarakat umum dan juga media massa yang turut serta mengabadikannya. Tercatat 5 Media Cetak Nasional dan stasiun Televisi turut serta meliputnya, bahkan kantor berita ANTARA secara khusus menerjunkan jurnalisnya untuk memotret arca setinggi 7 cm yang ditaksir sehargaRp 60 Miliar ini.

Bagi masyarakat awam, Arca Maha Nandi sepanjang 15 sentimeter dengan tebal 10 sentimeter ini memang tidak terlihat istimewa. Namun, saat diamati lebih dekat, Maha Nandi berbahan perunggu penuh ukiran ini juga dilapisi emas yang mengagumkan yang tersebar dibagian luar dan tengah. Arca Maha Nandi ini telah disahkan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Balai Pelestarian Purbakala Jawa Timur dengan no reg 79/SBY/2001 0-3578/B/33.

Pameran Tunggal Arca Maha Nandi yang dijaga ekstra ketat aparat kepolisian, ini tak ayal, juga menarik perhatian dan pertisipasi dari setiap Direksi dan Top Management Corporate Partner TOTAL QUALITY. Tercatat ada beberapa nama yang secara khusus hadir dalam acara Pameran Tunggal Maha Nandi ini, diantaranya Dr. Arya Sidemen, Direktur RS. ParuJember; Errol Jonathans, Direktur Operasional Suara Surabaya Media; Teddy Kusworo, Direktur PT. Atlantik Anugerah Metalindo; Harry Wibowo, Presiden Direktur PT. Tirta Sarana Sukses (TAHESTA) dan juga Helena Salim, Direktur PT. Karya Energi Indonesia.

 

Arca ini disebut Nandi karena benda seberat 1,4 kilogram, dan ditaksir berusia 1400 tahun ini merupakan hewan tunggangan dari Dewa Siwa. Istimewanya, Maha Nandi ini tidak seperti arca nandi kebanyakan. Yang bagian wajahnya tertekuk kebawah dan ekor menyamping. “Maha Nandi ini mungkin hanya ada satu di Indonesia dan di dunia. Karena kepala dan ekornya mendongak keatas, persis seperti lembu yang tengah bergembira,” ujar Johan Yan, Komisaris TOTAL QUALITY.