Corporate Social Responsibility Program By

PT . TOTAL QUALITY INDONESIA

arca mahanandhi

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Sahur on The Road : 2013 Paket Sahur untuk Pelestarian dan Penyelamatan Benda Cagar Budaya Indonesia

SURABAYA - Bulan Ramadhan merupakan momentum yang dinanti-nantikan oleh umat muslim di belahan dunia manapun. “Marhaban ya Ramadhan”, begitulah masyarakat muslim menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita. Puasa di bulan Ramadhan dengan berpuasa di bulan lainnya tentu sangat berbeda, perbedaan mendasar karena adanya kebersamaan pada waktu Sahur dan berbuka puasa, biasanya dilakukan ditengah-tengah keluarga dalam suasana yang sangat menyentuh hati.


Namun demikian tidak sedikit pula banyak umat muslim yang tidak dapat menikmati makanan sahur dan berbuka bersama-sama keluarga mereka. kesibukan, tuntutan profesi dan pekerjaan, serta ekonomi yang kurang memadai memaksa mereka untuk  tidak dapat berbuka bersama. Hal ini mendorong Total Quality melalui program CSR untuk berbagi kebahagiaan di bulan suci Ramadhan ini, salah satunya dengan mengadakan kegiatan pembagian 150 paket nasi bungkus setiap hari selama bulan suci Ramadhan. Pembagian paket nasi bungkus gratis tersebut diperuntukkan bagi musafir dan dhuafa yang berada disekitar Jl. Raya Jemursari, pada acara puncak

dari serangkaian kegiatan ramadhan digelar “Sahur On The Road” dengan membagikan 2013 paket sahur. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2013 dini hari hingga waktu imsak. Acara ini melibatkan puluhan sukarelawan untuk ikut serta membagikan 2013 paket sahur.

Sasaran pembagian paket sahur adalah para gelandangan, tukang sayur, tukang becak penjaga pintu pelintasan kereta api, petugas SPBU, polisi dan pekerja malam. Rute yang akan dilalui adalah menelusuri seluruh kota Surabaya, dari Jemursari, Wonokromo, Pasar Keputran, Taman Bungkul, dan beberapa pasar tradisional serta tempat penampungan sampah di Surabaya. dan berakhir di Radio Suara Surabaya.

Lebih lanjut Johan Yan seorang budayawan sekaligus Komisaris Total Quality memaparkan bahwa seluruh kegiatan pembagian makanan pada bulan suci Ramadhan sangat unik, sebab diupayakan secara swadaya "Bayangkan kami tidak memiliki latar belakang ketering, namun kami dituntut untuk memasak 300 Kg beras, menggoreng 353 kg lauk pauk, daging dan telur, membuat sambal tempe dan

srundeng puluhan kilo gram dalam waktu 16 jam nonstop, untuk memberi makan ribuan orang, tahun ini target kami 2013 paket sesuai dengan angka tahun" ujar Johan Yan. "Kami percaya pemberian dengan usaha dan tenaga lebih berharga dari pada sekedar angkat telepon dan membayar tagihan katering, karena itulah dalam program Ramadhan ini kami tidak menerima sumbangan materi dalam bentuk apapun, kecuali tenaga swadaya pada waktu pembagian paket sahur" lanjutnya.

Dalam kesempatan lain Budiono Lie Direktur Total Quality menyampaikan “kami percaya bahwa semakin banyak sedekah di bulan ramadhan akan menarik rejeki dan membuat kita semakin peduli kepada masyarakat kurang mampu, pada bulan ini seluruh kegiatan kantor kami hentikan, kami fokuskan untuk pengadaan makanan bagi kaum Dhuafa, tetapi anehnya omset kami bulan ini meningkat luar biasa dibanding bulan bulan lainnya, inilah keajaiban ramadhan dan selalu terjadi setiap tahunnya"

Dalam acara sahur on the road tahun ini Total Quality melalui program CSRnya juga mengkampanyekan program penyelematan dan pelestarian benda cagar budaya Indonesia dengan membagi-bagikan stiker disepanjang jalan yang menjadi rute dari acara ini. Diharapkan Program ini  dapat menjaring antusiasme dan kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya turut serta dalam usaha pelestarian benda cagar budaya. Sehingga diharapkan akan semakin banyak masyarakat Surabaya khususnya, yang mulai menaruh perhatian dan kepedulian terhadap benda-benda cagar budaya yang ada di sekitarnya.

Acara Sahur on the Road akan diadakan setiap tahun oleh Total Quality di bulan ramadhan, dan diharapkan dapat menginspirasi organisasi atau komunitas bisnis untuk semakin peduli dengan masyarakat kurang mampu terutama bagi mereka yang tidak dapat menikmati kebersamaan ditengah keluarga dalam bulan Ramadhan.