Corporate Social Responsibility Program By

PT . TOTAL QUALITY INDONESIA

arca mahanandhi

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Jadi Nomine The Outstanding Young Persons of the World 2012


Wayang arkeo kreasi Johan Yan tak berhenti sebagai hasil karya semata. Bagi seorang motivator, wayang arkeo dapat dipakai sebagai sarana motivasi.

Wayang dengan pendekatan arkeologi pertama di Indonesia ini mendapat apresiasi dari Prof Dr. Timbul Haryono M,Sc, Timbul adalah guru besar Fakultas sejarah Universitas Gadjah Mada sekaligus penasihat Padasuka (Paguyuban Dalang Surakarta). Apresiasi lainnya adalah ketika wayang ini ditanggap oleh PTPN X PG Pesantren Baru untuk memotivasi karyawan di sana. Saat itu dalang Priyono memainkan wayang Siwa Maha Dewa untuk memotivasi pimpinan dan karyawan PTPN tersebut.


Menurut Johan Yan ,kasus ini menjadi bukti bahwa ada pihak yang telah sadar bahwa warisan budaya arkeologis bisa digunakan sebagai sarana motivasi dan peningkatan produktivitas. Hal ini juga diakui oleh Moch Sulton, yang waktu itu menjabat Administratur PG dengan rendemen efektif 8,55 terbaik di Indonesia itu. Dari situ, Johan Yan  berpikir mengapa kita tidak mulai menjadikan budaya sebagai media motivasi bagi bangsa ini. "Tujuannya hanya satu, saya ingin bangsa ini mencintai benda cagar budayanya sendiri. Wayang adalah sarana yang saya pakai untuk memperkenalkan kepada masyarakat visi arkeologi bagi publik."


Melihat apresiasi itu, maka dalam waktu dekat Johan Yan akan membuat beberapa dewa yang ada dalam pewayangan berdasarkan hasil riset arkeologisnya. "Mungkin wayang arkeo Btara Brahma dan Btara Wisnu," kata pengidola Btara Guru atau Siwa Maha Dewa yang dikenal menaiki Maha Nandi itu. Arca Maha Nandi dan wayang arkeo yang kini melengkapi koleksi Johan Yan di Museum Total Quality Indonesia, menjadi motivasi Johan Yan  untuk memajukan dunia arkeologis. Yang terbaru, wayang arkeo ini akan dibawa ke ajang The Outstanding Young Persons of the World yang digagas Junior Chamber International, sebuah organisasi kepemudaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). di Solo. Momen kepedulian terhadap penyelamatan benda cagar budaya Arca Maha Nandi yang merupakan masterpiece Indonesia ini telah membuat Johan Yan dinominasikan dalam bidang budaya atau cultural achievement.

Johan Yan makin yakin bahwa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya adiluhur. Maka, sudah saatnya bangsa ini lebih termotivasi untuk mencintai budaya asli ketimbang budaya asing. "Wayang arkeo adalah sebuah inovasi sosialisasi benda cagar budaya bagi masyarakat kita," tandasnya.